27
Aug
09

CAMPUS RAMADHAN 1430 H

CAMPUS RAMADHAN

CAMPUS RAMADHAN

Mengisi Ramadhan, asyiknya ikutan Campus Ramdhan di Muslim Friends. Mulai dari tanggal 1 – 5 September 2009 dari pukul 13.30 – 16.30 WIB.

Dengan infaq Rp. 10.000,- kamu bisa ngikutin kegiatan bakti sosial, buka bersama & pelatihan kesahatan…. Yang ngelatihnya langsung lho team trainer dari ABI (Asosiasi Bekam Indonesia) Bandung…..

Ayo cepetan dafatar…..

Syarat :

1-Beragama Islam

2-Umur 13+

CP: 081323357515

Advertisements
22
Aug
09

Welcome Ramadhan

Ketika Ramadhan datang, umat Islam di seluruh dunia menyambutnya dengan suka cita, termasuk umat Islam di Indonesia. Mereka bergembira ria dengan datangnya bulan suci ini. Bagaimana tidak bergembira kalau di bulan ini kebaikan dilipat gandakan, ampunan dilimpahkan, rahmat dikucurkan. Di bulan ini pulalah terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Tak heran kalau kemudian umat Islam berusaha meningkatkan amal ibadahnya.

Sebenarnya ketika bulan Ramadhan ini tiba semua orang pada suka n’ bergembira. Tapi anehnya kebanyakan orang hanya mau nimbrung senengnya doang merayakan datangnya tamu agung ini. shaumnya ogah! Takut maagnya kambuhlah, lemeslah, gak bisa nge-date, gak bisa gandeng doinyalah de el el, n’ pokoknya buat apa nyiksa diri !!! begitulah cara mereka ‘ngeles’ . Padahal kalo mereka tahu keutamaan shaum selain dapat pahala, juga sebenaarnya bisa bikin sehat rohani n’ jiwa kita loch… gak percaya?! Nih buktinya…

Sudah banyak penelitian medis yang dilakukan terhadap orang-orang shaum di bulan Ramadhan. Hasilnya tidak ada perubahan kadar unsur kimia dalam darah orang yang berpuasa. Meski pada jam-jam menjelang buka kadar gula darah menurun, namun tidak sampai pada tarap yang membahayakan.

Lapar dan haus adalah gejala fisik yang langsung dirasakan oleh orang yang shaum. Selama itu pula orang cenderung kekurangan energi. Tetapi menurut penelitian medis gejala itu tidak mempunyai dampak yang signifikan terhadap kesehatan manusia. Tidak ada orang sakit hanya karena shaum, apalagi sampai meninggal dunia. Bagi mereka yang sakit Allah swt telah memberikan keringanan untuk meng-qadha’ atau membayar fidyah sebagai gantinya.

Namun pada saat yang sama ketika orang dalam keadaan lapar, mereka cenderung akan mudah emosional, rusuh pun bisa terjadi karena dipicu rasa lapar. Contoh, kerusuhan besar di Indonesia pada pertengahan tahun 1998. Pemicunya adalah krisis moneter yang membuat harga berbagai kebutuhan pokok melambung tinggi. Kelangkaan terhadap segala kebutuhan pokokpun menjadi ancaman terjadinya kelaparan. Kontan jalan pintas dianggap pantas oleh rakyat. Tapi mengapa hal ini tidak terjadi di bulan Ramadhan?! Ketika poda bulan ini hampir seperlima dari penduduk dunia “kelaparan” dalam keadaan shaum.

Dr. Nicolayev seorang guru besar dari the Moscow Psychiatric Institute Moscow, Rusia memberikan jawabannya. Setelah Nicolayev  melakukan eksperimen memberikan terapi pada dua kelompok pasien kejiwaan yang berbeda, dimana kelompok yang pertama ditangani dengan obat-obatan sedangkan yang kedua diterapi dengan diperintahkan untuk bershaum sebulan penuh, persis seperti yang dilakukan oleh umat Islam setiap Ramadhan. Akhir dari eksperimen, Nicolayev mendapatkan banyak pasiennya yang tidak bisa disembuhkan dengan terapi medis, dan dapat disembuhkan dengan shaum.

Jika kelaparan berpotensi rusuh, berpuasa justru menjadi terapi penyembuhan. Artinya lapar karena shaum dan kelaparan, adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Karena sesungguhnya kunci puasa sebagai terapi kesehatan lebih pada aspek psikis manusia..

Sebagaian penyakit yang diderita manusia, sebenarnya berkaitan dengan perilaku manusia itu sendiri. Akibat tidak menjaga kebersihan, timbul penyakit muntaber. Akibat ketidakmampuan mengendalikan diri, timbul penyakit jantung, liver, gangguan pencernaan dan stres.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ahmad Syarifuddin dalam tulisannya ”Puasa Menuju Sehat Fisik dan Psikis”. Kata beliau; bulan Ramadhan dimana fisik kita diharuskan ‘lapar’ merupakan tantangan yang harus diselesaikan. Namun dibalik rasa lapar dan dahaga itu menyimpan hikmah yang cukup tinggi.

Sebelum pertengahan abad ke-20 sebuah penelitian di Universitas Osaka, Jepang membuktikan pesatnya pertumbuhan sel darah putih pada orang yang sedang shaum.  Pada enam hari pertama memang belum ditemukan peningkatan tersebut. Namun memasuki hari ketujuh hingga kesepuluh kuantitas pertumbuhan sel darah putih itu cepat sekali. Maka secara otomatis penambahan tersebut semakin meningkatkan daya tahan tubuh. Sel darah putih ini memiliki fungsi (diantaranya) melawan peradangan di dalam tubuh kita.

Masih dalam tinjauan fisik. Di dalam jasad manusia terdapat parasit-parasit yang menumpang hidup. termasuk menumpang makan dan minumnya. Maka dengan puasa dapat mengurangi bahkan menghentikan suplai makanan yang mereka ‘sunat’. Maka kuman-kuman penyakit, bakteri dan sel-sel kanker tidak akan mampu hidup bertahan lama. Mereka keluar bersama sel-sel mati melalui cairan tubuh yang dikeluarkan.

Intinya, kunci kesehatan pada ibadah shaum tergantung pada niat yang sungguh-sungguh dan kemampuan mengendalikan diri.  Ilmu kedokteran membuktikan, oang yang sedang marah – baik diungkapkan atau dipendam akan meningkatkan kadar hormon katekholamin dalam darahnya. Hormon ini memacu denyut jantung, menegangkan otot-otot dan menaikan tekanan darah. Hal yang sama pula terjadi pada orang yang sedang emosional, atau sedang gundah gelisah. Reaksi hormon katekholamin inilah, jika berlangsung lama akan membahayakan kesehatan dan mempercepat proses penuaan. Itulah mengapa orang bershaum dengan kemampuan mengendalikan diri akan meraih kesehatan fisik dan jiwa. Maka bershaumlah kamu!

03
Jul
09

Kegiatan “Management Delta Training Organization”

ALhamdulillah, tanggal 7 – 8 Rajab 1430 / 29 – 30 Juni 2009, kegiatan Pelatihan MF, telah berhasil dilaksanakan dan sukses memberikan efek yang luarbiasa bagi OSIS & ROHIS SMA Kab. Subang.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai sekolah yang totalnya sebanyak 65 orang, mulai dari SMAN 1 SUBANG, SMAN 2 SUBANG, SMKN 1 SUBANG, SMAN 1 PURWADADI, SMAN 1 PAGADEN, SMK PASUNDAN, DARUSSALAM, dll.

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang telag dilaksanakan :

DSCI0259

Semoga teman-teman yang telah mengikuti kegiatan ini menjadi lebih bersemangat dan lebih termotivasi untuk membangun SUBANG kita ini…. Terimakasih atas dukungan dan partisifasinya….

Kami dari MUSLIM FRIENDS mengucapkan “Maju terus, Maju Generasi Muda, Masa Depan berada di Tanganmu”.

15
Jun
09

Management Delta Training Organization

Assalamu’alakum wr. wb.

Apa kabar anak muda SUBANG??? BAgaimana kabar anda hari ini???

Bersemangatlah, karena Muslim Friends akan menggelar acara besar di kota SUBANG….

ACARAnya umum…. Lihat pamflet :

Pamflet MDTO1

MDTO2

Info lebih jelas, datang saja ke markaz MF, atau hub : 081323357515

Bagi temen2 yang akan mengikuti kegiatan ini, berikut ini persyaratan-persyaratan yang meksi dipersiapkan :

1. sehat Jasmani + Rohani

2. Perlengkapan Shalat (Sajadah + Mukena (perempuan) + Al-Qur’an)

3. Perlengkapan Makan

4. Perlengkapan Mandi

5. Pakaian Pribadi

6. Obat-obatan Pribadi

7. Penerangan

8. Makanan Pribadi

9. Lilin 2 buah

10. Korek Api

11. Syal / Slayer

12. Sendal & Sepatu

13. Alat Tulis

PEMBERANGKATAN

Start semua peserta kumpul di SMKN 1 SUBANG jam 7 pagi di lapang Basketnya….

Bagi para peserta yang belum daftar, daftar dulu yah….

SARAN :

Capolaga kalo malem-malem pasti dingin, jadi siapkan aja Pakaian-pakaian yang tebal, atau jaket hangat.. Ada baiknya juga kalo anda bawa barang-barang penghangat tubuh seperti balsam. Kita saranin bawa sandal dan sepatu. Sepatu buat outbond, game, dan acara lainnya. Sendal?? ya buat santai aj… Jangan lupa bawa Soffel atau semacamnya untuk menghindari dari serangan nyamuk… Bawa aja barang seperlunya, jangan berlebihan. Maksudnya biar ga ribet aj… Jangan takut kelaparan… soalnya MF buka cafe disana,, bisa beli somethinglah yang bisa ngenyangin perut + hangatin tubuh….

JADWALNya Klik aj dibawah ini!!!

JADWAL KEGIATAN

Management Delta Training Organization

Hari/Tanggal/jam

Kegiatan

Deskripsi

Keterangan

Senin, 29 Juni 2009
08.00 – 08.30 Check In Peserta Daftar Ulang Peserta dan berkumpul di SMKN 1 SUBANG

MF CREW

08.30 – 10.30 Berangkat Pergi ke lokasi pelatihan

MF CREW

10.30 – 11.00 Tiba di Lokasi

MF CREW

11.00 – 12.00 Opening Ceremony Pembukaan + Pembentukan Teamwork

MF CREW

12.00 – 13.30 Soliskan Sholat + Snack + Istirahat

MF CREW

13.30 – 15.00 Materi 1 Management Organisasi

TRAINER

15.00 – 15.30 Break

15.30 – 16.00 Simulasi

TRAINER + CREW

16.00 – 17.30 Materi 2 Mental & Karakter + Management Organisasi

TRAINER

17.30 – 17.50 Break + Sharing

17.50 – 19.30 Mentor + Shalat Isya

MF CREW

19.30 – 20.00 Makan Malam

20.00 – 22.30 Debat

TRAINER + CREW

22.30 – 23.00 Simulasi Main-main sebelum Tidur

TRAINER + CREW

23.00 – 03.00 Tidur

Selasa, 30 Juni 2009
03.00 – 04.30 Tahajud Shalat

MF CREW

04.30 – 05.00 Subuh Shalat

MF CREW

05.00 – 05.30 Mentoring Bahasan Agama dan Remaja

TRAINER + CREW

05.30 – 06.00 Makan

MF CREW

06.00 – 07.30 Materi Analisis Potensi Diri

TRAINER

07.30 – 12.00 Outbond

TRAINER + CREW

12.00 – 14.00 Closing Ceremony Penutupan

MF CREW

14.00 Come Back Pulang

MF CREW

05
Jun
09

KASUS PRITA

Melihat info diberbagai media elektronik yang kini sedang hebohnya mengenai Kasus Prita yang makin lama makin memanas. Selain itu nampak kita lihat aksi dari para blogger Indonesia yang ikut bersimpati atas kasus Prita, dan berbagai pihak pro yang memberikan bantuannya.

dari KOMPAS

dari KOMPAS

Namun jika dilihat dari alasan-alasan yang diajukan, itu kurang jelas. Mengapa?? Karena, Prita hanya menulis sebuah kritik. Dan harusnya pihak RS menanggapinya dengan positif, karena itu untuk bahan penilaian untuk kemajuan kedepan. Dan tak perlu berlebihan hingga efeknya kini terasa. Dan dalam aturan Indonesia, tak ada aturan seorang warga yang hak menghakimi pihak lain tanpa melalui pengadilan.

Kami harap kepada pemerintah untuk lebih sigap dan tegas untuk menangani hal seperti ini. Karena mungkin ini hanya sebagian kecil dari peristiwa-peristiwa kejam yang lain. Atau pun malahan telah banyak kejahatan semacam ini terjadi, namun KASUS PRITA inilah yang baru muncul diantara kasus-kasus kejahatan lainnya yang belum terbongkar.

Harapan kami pada Indonesia adalah “Tolong tingkatkan lagi Indonesia dalam bidang EKONOMI, KESEHATAN & KEAMANAN”. Dengan tiga aspek itulah, ayo kita bangun negara kita…

01
Jun
09

KEputrian Akbar

Alhamdulillah,, Acara Muslim Friends yang kemarin (tgl 26-27 Jumadil Awwal 1430/20-21 Mei 2009 M) telah berhasil dengan sukses. Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT, shalawat dan salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada Rosul SAW, dan kepada para ummatnya yang selalu menegakkan Dinullah Al-Islam.

Wah… bagi remaja putri yang gak hadir kemarin,, rugi deh…

Ni Liat aj kegiatannya kemarin….

Mentoring by MF CREW

Mentoring by MF CREW

Ini para CREW MF lagi pada ngementor para peserta kegiatan.

Tanya-tanya gitu deh….

Materi 1 : tentang Kosmetik

Materi 1 : tentang Kosmetik

Di pembahasan pertama bersama Teh Yayoh, S.Si (ISFI) yaitu tentang amankah kosmetik yang digunakan…

Nah di sesi yang kedua ini, pemateri berasal dari Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, yang membahas Berhias dalam pandangan Islam.

Materi 2

Materi 2

Materi 3

Materi 3

Materi ketiga ni,, kuat abis sampe malam. Bersama Ramna Ningsih, S.Si. Apt. kita membahas tentang kesehatan reproduksi wanita, dan sekaligus nonton bareng tentang kekejaman Aborsi. Wah… ngeri tu…. tapi asyik sekali mendapat pemahaman tentang itu.

nonton film

nonton film

Abis semaleman dapet materi paginya nih yang asyik….

kreatifitas

kreatifitas

Kelompok-kelompok yang udah dibentuk membuat sebuah karya seni, yaitu membuat bunga-bunga yang terbuat dari kertas fanel. wah… hasilnya lucu2…. Selain itu ada bazar buku juga… + koleksi2 MF…. + Konsultasi kesehatan bersama Ramna Ningsih, S.Si. Apt. Oh ya sekaligus pemberitahuan ya… MF buka Konsultasi Bagi Remaja-remaja muda lho…. mulai dari jam 2 siang – 8 malem….

Konsultasi kesehatan

Konsultasi kesehatan

Bazar Buku

Bazar Buku

31
May
09

Persahabatan….

Sahabat, merupakan istilah yang sudah tidak mengherankan bagi mereka generasi muda. Sahabat merupakan orang yang bisa disebut ia yang sangat dekat dengan kita baik itu laki-laki maupun perempuan. Sahabat merupakan salah satu faktor pembuat kenangan di masa tua, pengalaman di masa muda yang begitu berkesan bersama sahabat-sahabat dulu merupakan kenangan yang indah dan sulit dilupakan. Berbagai peristiwa yang dijalani setiap hari membuat kita semakin akrab, saling mengerti dan menyayangi.

Namun tak semua pengalaman itu memberikan kesan yang baik, kadang juga kesan yang buruk pun ikut membekas. Tak semua perkenalan menghasilkan sesuatu yang mengindahkan bagi kita. Terkadang kita bertemu dengan orang yang kita kurang suka dari sikapnya, cara berbicaranya, ataupun karena dia kasar kepada kita. Tak semua pengalaman di masa muda memberikan kesan yang baik, kadang kita menemui sebuah pengalaman yang buruk yang mengakibatkan kita menjadi takut atau jera dalam menghadapi sesuatu. Pergaulan yang kurang terarah akan berdampak pada sikap dan kebiasaan kita, dan akhirnya berujung kepada kehancuran.

Sahabat yang kurang terjaga akan menjerumuskan kita kepada arah yang  tidak benar. Sahabat yang bagaimanakah yang baik itu? Apakah sahabat yang suka menemani ketika kita ingin curhat? Apakah sahabat yang suka ada ketika kita sedih? Mungkin itu benar, tapi yang lebih tepat teman yang baik adalah bisa diibaratkan seperti ini. Ketika kita sedang berjalan di suatu tempat yang berkabut dan sama sekali kita tidak mengetahuinya, tak disangka di depan kita terdapat jurang yang terjal, dan kita tidak melihat. Tapi, disana ada sahabat kita, apa yang akan dia lakukan? Ternyata sahabat itu, memperingati dan menarik kita. Ya, seperti itulah contoh sahabat yang baik.

Jadi sahabat yang baik adalah sahabat yang mengingatkan kita disaat kita salah, dan mencoba merangkul kita untuk kembali ke jalan yang benar. Oleh karena itu, lebih baik kita bersahabat dengan orang yang baik dan soleh. Mengapa? Karena bila kita bergabung dengan suatau lingkungan, secara tidak sadar kita terbawa oleh sikap dan prilaku lingkungan tersebut. Selain itu bila kita bersahabat dengan orang yang saleh kita akan selalu di doakan, saling menjaga dan membatu. Karena sesama Muslim itu saudara, selagi dia mengatakan ”la ilaha illallah” kata Rosul SAW, ia saudara kita.

Selain perkenalan, kita juga harus menjaga hubungan, keharmonisan dan sikap kita terhadap orang lain. Menjaga hubungan ini sangat penting, karena dalam Islam ada hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama mahluk. Dalam hubungan dengan mahluk kita harus menjaga hubungan silaturahmi,  haram hukumnya apabila kita memutuskan hubungan itu. Oleh karena itu, bersikaplah baik, lemah lembut, ramah dan pemaaf.

3. Ali ‘Imran

159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Suatu golongan atau kelompok akan mengalami kehancuran apabila tidak terjalin ukhuwah yang erat antara anggotanya, kurangnya kepercayaan, adanya persaingan yang kotor, semua itu hanya akan berakhir pada kehancuran. Mengapa sampai terjadi yang namanya ’adu domba’? Itu karena kurangnya hubungan antar sesama anggota, kurangnya kepercayaan, dan akhirnya perpecahan pun terjadi. Begitu pentingnya arti sebuah persahabatan, jangan sampai kita nodai dengan hawa nafsu semata, jaga eratlah tali persahabatan  kita.

49. Al Hujuraat

13. Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Allah itu menciptakan mahluk berbeda-beda, berbangsa-bangsa, bersuku-suku, tidak lain agar kita saling mengenal. Oleh karena itu setiap orang mempunyai sikap yang berbeda-beda. Maka, berhati-hatilah kita terhadap sikap kita, karena menurut kita itu baik, tapi belum tentu menurut orang lain itu baik. ”Kita hidup bukan untuk masa lalu ataupun masa depan, melainkan untuk hari ini”, maka jagalah hari ini karena kita hidup hari ini, bukan kemarin ataupun besok. Begitu juga teman kita, haruslah jaga baik-baik hubungan diantara kita bersama, karena 100 teman itu masih sedikit di banding 1 musuh itu sudah banyak. Marilah bersama-sama kita tingkatkan hubungan persahabatan kita, untuk menciptakan suatu negeri yang damai dan penuh dengan senyuman. Sangat indah sekali bila kita berkumpul dengan sahabat-sahabat, saling berbagi, canda tawa, tolong menolong. Coba kita berhenti, dan berpikir, coba rasakan dengan hati, bila kita melihat potret bersama sahabat-sahabat sedang tertawa bersama, apa yang anda rasakan? Lihat kembali, potret disaat bersama-sama di tempat wisata, potret sedang jalan-jalan, apa yang kita rasakan? Tegakah kita ingin menghancurkan semua itu? Saya yakin, bukanlah kita ingin menghancurkan melainkan menambah rasa rindu kita untuk mengulang kembali bersama-sama masa itu. Dengarkanlah suara hati kita, jujurlah pada hati kita sendiri, dan eratkanlah tali persahabatan kita, jangan sampai terputus akibat keinginan kita semata.